“Hubungan antara Kadar Hb dengan Lama Kerja pada Karyawan Pabrik Batik Tulis di Surakarta”

ABSTRAK

Hubungan antara Kadar Hb dengan Lama Kerja pada Karyawan Pabrik Batik Tulis di Surakarta

Ipop Syarifah*, Cr. Siti Utari*, Istar Yuliadi*, Sri Hartati H.*

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui secara kuantitatif hubungan antara kadar Hb dengan lama kerja pada karyawan pabrik tulis di Surakarta, seperti kita ketahui untuk produksi satu lembar batik tulis memerlukan suatu proses yang cukup lama, karena memerlukan penanganan khusus dan cermat, pekerjaan yang lama seperti ini jika tidak diimbangi dengan perhatian dari segi gizi dapat mempengaruhi tingkat kesehatan. Salah satu tolok ukur tingkat atau derajat kesehatan manusia adalah dengan mengetahui kadar hemoglobin (Hb).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional, dengan pengambilan sampel berupa kadar Hb darah pekerja dikorelasikan dengan lamanya bekerja seorang karyawan.

Diharapkan dengan penelitian ini dapat diketahui adakah hubungan antara kadar Hb dengan lama kerja pada karyawan pabrik batik tulis di Surakarta. Diharapkan dengan adanya data tersebut dapat dihasilkan rekomendasi untuk memperbaiki keadaan tersebut.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tidak terdapat korelasi yang bermakna antara lama kerja dan kadar Hb (p = 0.317). Dengan nilai koefisien korelasi (r) = -0.127, hal tersebut menunjukkan adanya korelasi yang negatif antara lama kerja dengan kadar Hb. Semakin besar nilai lama kerja maka semakin kecil kadar Hb.

Saran yang dapat diberikan berupa perlu dilakukannya penelitian lanjutan dengan memperhatikan confounding factor yang tidak dianalisis oleh peneliti pada penelitian ini atau dengan jumlah sampel yang lebih besar.

Kata kunci : Pekerja, kadar Hb, lama kerja